Selasa, 19 Juni 2012

Istilah Epidemiologi

Pengantar Epidemiologi

Endemi
Suatu keadaan dimana suatu penyakit atau agen infeksi tertentu secara terus menerus/frekuensinya pada suatu wilayah tertentu menetap dalam waktu yang lama ditemukan disuatu wilayah tertentu, bisa juga dikatakan sebagai suatu penyakit yang umum ditemukan disuatu wilayah. 

Hyperendemis
Keadaan diman penyakit tertentu selalu ditemukan di suatu wilayah dengan insiden yang tinggi. 

Holoendemis
Keadaan dimana suatu penyakit selalau ditemukan di suatu wilayah dengan prevalensi yang tinggi, awalnya menyerang penduduk usia muda dan menimpa sebagian besar penduduk contohnya malaria di daerah tertentu

Epidemi (Wabah)
Timbulnya suatu penyakit yang menimpa sekelompok masyarakat atau suatu wilayah tertentu dalam waktu yang singkat berada dalam frekuensi yang meningkat/dengan angka kejadian yang melebihi angka normal dari kejadian penyakit tersebut.

Beberapa jumlah penderita untuk bisa dikatakan telah terjadi Epidemi sangat tergantung dari jenis penyakit, jumlah dan tipe penduduk yang tertimpa, pengalaman masa lalau, jarangnya terpajan dengan penyakit tersebut, waktu dan tempat kejadian. Dengan demikian epidemisitas sangat relatif tergantung kepada bagaumana kejadian biasanya dari penyakit tersebut di suatu wilayah yang sama, pada penduduk tertentu pada musim yang sama. 
Sebagai contoh satu kasus penyakit tertentu yang lama tidak muncul kemudian tiba-tiba muncul atau suatu kasus penyakit yang sebelumnya belum pernah dikenal, muncul maka segera harus dilakukan penyelidikan epidemiologis dan juika kemudian penyakit tersebut menjadi dua kasus dalam waktu yang cepat di tempat tersebut maka ini sebagai bukti telah terjadi penularan dan dianggap telah terjadi epidemi (lihat laporan suatu penyakit dan zoonosis).

Wabah
Kejadian berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi dari pada keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan mala petaka (UU No 4. Tahun 1984).

Pandemi
Keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya dalam waktu singkat meningkat tinggi dan penyebarannya telah mencakup wilayah yang luas

Sporadik
Sporadik adalah  adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit)  yang ada di suatu wilayah tertentu frekuensinya berubah-ubah menurut perubahan waktu

Screening atau penyaringan kasus
Cara untuk mengidentifikasi penyakit yang belum tampak melalui suatu tes atau pemeriksaan atau prosedur lain yang dapat dengan cepat memisahkan antara orang yang mungkin menderita penyakit dengan orang yang mungkin tidak menderita.

Sensitivitas
  • Sensitivitas (sensitivity) : kemampuan suatu tes untuk mengidentifikasi individu dengan tepat, dengan hasil tes positif dan benar sakit.
  • Sensitivitas = a/a+c
Spesifisitas
  • Spesifisitas (specificity) : kemampuan suatu tes untuk mengidentifikasi individu dengan tepat, dengan hasil negatif dan benar tidak sakit.
  • Spesivisitas = d/b+d
Tabel

Hasil Uji

Diagnosis yang Benar

Total

Sakit

Tidak Sakit

Positif

a

b

a+b

Negatif

c

d

c+d

Total

a+b

b+d

a+b+c+d







 
Necessary Cause
A risk factor that must be, or have been, present for the disease to occur (e.g., a specific infectious agent for a particular infectious disease). Although necessary, few infectious agents cause disease by themselves.
Kausa esensial: kausa yang harus ada untuk memungkinkan suatu penyakit


Sufficient Cause
The minimal combination of risk factors acting on the individual, on the etiologic agent if one is involved, or in the environment whose occurrence in an individual’s life inevitably results in disease. A disease can often be caused by more than one set of sufficient causes and thus different causal pathways for individuals contracting the disease in different situations.

Kausa sufisien: kausa yang umumnya terdiri dari beberapa kausa yang secara bersama-sama saling mencukupi untuk menyebabkan penyakit

Double Bursen/ beban ganda
Pada saat penyakit menular masih banyak diderita oleh masyarakat, di sisi lain terjadi peningkatan penyakit tidak menular (PTM).

Keadaan dimana saat masalah penyakit menular atau infeksi belum selesai (bahkan meningkat menjadi emerging dan re-emerging infectious diseases), masyarakat sudah harus menghadapi penyakit-penyakit tidak menular (non-communicable diseases). Kondisi inilah yang disebut sebagai double-burden of diseases (beban ganda) dalam perspektif epidemiologi

Triple Burden
Triple burden, yaitu jumlah kelahiran bayi yang tinggi, proporsi penduduk muda yang dominan, dan jumlah lansia yang meningkat.


0 komentar:

Posting Komentar